Rabu, 07 Oktober 2015

RSON Ajak Lansia Senam Pemeriksaan Bone Mineral Densitometri (BMD)

 

Masih dalam rangka peringatan Hari Olahraga Nasional, hari Rabu (16/9) pagi Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON)  mengajak lebih dari 100 anggota Persatuan Diabetes Seluruh Indonesia (Persadia) unit Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur untuk mengikuti senam pemeriksaan Bone Mineral Densitometri (BMD) serta ceramah bertemakan "Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi" di RSON Cibubur, Jakarta Timur.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya memperkenalkan RSON kepada masyarakat luas.Terutama masyarakat dilingkungan sekitar lokasi RSON yaitu di wilayah Cibubur dan Jakarta Timur. Selain menyediakan pelayanan kesehatan untuk atlet dan masyarakat umum, RSON juga menyediakan fasilitas bagi masyarakat, contohnya Persadia, untuk berolahraga disana.

Dalam sambutannya, Direktur RSON Basuki Supartono mengingatkan, kehidupan yang sangat kompleks menyebabkan kita patut bersyukur bisa menjalani hari tua dengan bahagia. Persadia adalah organisasi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat luas. Kegiatan senam, pemeriksaan BMD dan ceramah ini merupakan upaya preventif. Mengingat diabetes merupakan penyebab kematian nomor 6 di Indonesia.

"Apalagi saat usia sudah lansia, fungsi tubuh pun mengalami menurun. Antara lain tulang dan sendi. Sebanyak 2 dari 3 perempuan di Indonesia berisiko tinggi menderita osteoporosis atau kerapuhan tulang. Sehingga mudah mengalami patah tulang Cara pencegahannya antara lain dengan olahraga 3 kali seminggu selama 30 menit setiap kali olahraga. Yang tak kalah penting adalah mengatur pola makan. Misalnya, cukup kalsium dan vitamin D, menghindari rokok dan minum kopi. Saya ingin para anggota Persadia agar bisa melakukan senam setiap hari jumat di RSON. Sebagai bentuk perhatian RSON terhadap para penderita diabetes," kata Basuki.
sumber: www.gatra.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar