Selasa, 01 September 2015

Bagi Lansia, Berolahraga Apapun dapat Mengurangi Risiko Kematian Dini

Bagi Lansia, Berolahraga Apapun dapat Mengurangi Risiko Kematian Dini

Melakukan olahraga apapun bagi orang yang sudah lanjut usia (lansia) terbukti dapat mengurangi risiko kematian.

Studi yang dilakukan oleh Dr David Hupin dari University Hospital of Saint-Etienne, Prancis, menyebut bahwa jenis olahraga apapun, termasuk jalan cepat, sepeda hingga berenang minimal 150 menit per pekan dapat mengurangi 28 persen risiko kematian dalam waktu 10 tahun ke depan.

Dr Hupin mengatakan panduan bagi lansia menyebut waktu olahraga yang ideal bagi orang di atas 60 tahun adalah 150 menit per pekan. Namun, studi yang dilakukannya menunjukkan bahwa olahraga selama 15 menit per hari pun dapat mengurangi risiko kematian dalam 10 tahun ke depan sampai 22 persen.

Baca juga: Hal-hal Ini Diyakini Terkait dengan Kemungkinan Panjang-Pendeknya Usia

"Banyak pasien kami yang sudah berusia 60 tahun ke atas tidak mampu melakukan 150 menit olahraga per pekan sesuai anjuran. Karena itu kami merekomendasikan kepada mereka agar tidak terpatok pada anjuran tersebut dan tetap berolahraga semampu mereka," tutur Dr Hupin, dikutip dari Reuters, Selasa (25/8/2015).

Penelitian Dr Hupin dilakukan kepada 122.417 pria dan wanita dengan rentang usia 60 hingga 101 tahun. Penelitian ini mengevaluasi aktivitas fisik serta risiko kematian dalam 10 tahun, termasuk penyakit yang diidap, kesehatan mental, berat badan dan kolesterol.

Hasil penelitian menyebut lansia yang mengikuti panduan berolahraga 150 menit per hari mengalami penurunan risiko kematian dalam 10 tahun ke depan hingga 28 persen. Pada mereka yang lebih dari 150 menit per hari, risiko kematian turun lebih tinggi, hingga 38 persen.

Risiko kematian juga berkurang pada lansia yang berolahraga minimal 15 menit sehari. Menurut Dr Hupin, hasil penelitian ini sangat penting karena ternyata olahraga apapun, kapanpun dan berapapun lamanya berkaitan erat dengan risiko kematian.

"Sudah ada bukti ilmiah bahwa banyak manfaat kesehatan yang didapat meskipun hanya melakukan aktivitas fisik ringan. Ini lebih baik daripada melakukan gaya hidup diam atau duduk terlalu lama," paparnya.

"Umur bukan alasan untuk tidak berolahraga dan melakukan aktivitas fisik. Lansia harus mau memasak atau bekerja sambil berdiri, serta berjalan atau bersepada agar bisa berumur lebih panjang," pungkasnya.

sumber: http://news.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar