Kamis, 21 Mei 2015

Rutin Olahraga di Hari Tua Bisa Perpanjang Umur Sampai Lima Tahun

Rutin Olahraga di Hari Tua Bisa Perpanjang Umur Sampai Lima Tahunilustrasi (Foto: Thinkstock)
 
Gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga sangat disarankan oleh ahli kesehatan. Nah menurut para peneliti, mereka yang tetap menjaga aktivitasnya itu sampai tua bisa memiliki umur lebih panjang karena efek kesehatan yang diberikan hampir sama seperti pada orang berhenti merokok.

Analisis pada 5.700 lansia berusia 68 tahun sampai 77 tahun di Norwegia menunjukkan bahwa orang yang rutin melakukan tiga jam olahraga dalam seminggu bisa meningkatkan usia harapan hidupnya. Setidaknya olahraga meningkatkan harapan hidup lima tahun bila dibandingkan dengan mereka yang malas bergerak.

Baca juga: Asyik Bergadget, Lebih dari Separuh Anak Indonesia Kurang Aktivitas Fisik
Penulis studi dari Oslo University Hospital melakukan studi ini dalam rangka untuk memperingatkan bahayanya tingkat olahraga yang rendah.

Laporan studi yang dipublikasi di British Journal of Sports Medicine menekankan apabila olahraga di lakukan kurang dari sejam dalam seminggu maka tak akan ada manfaatnya.

"Bahkan ketika pria berusia 73 tahun baru aktif olahraga, orang ini punya usia harapan hidup lima tahun lebih lama daripada mereka yang sedentari," tulis peneliti seperti dikutip dari BBC pada Sabtu (16/5/2015).

Peneliti menambahkan bahwa aktivitas fisik "memiliki manfaat yang sama seperti berhenti merokok" dalam hal menurunkan angka kematian.

"Strategi kesehatan masyarakat terkait pria tua harus termasuk usaha untuk meningkatkan aktivitas fisik sejalan dengan menurunkan perilaku merokok," pungkas peneliti.

Baca juga: Yuk, Jangan Malas Lakukan Aktivitas Fisik Agar Tak Cepat Kena Osteoporosis

(http://health.detik.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar