Rabu, 03 Desember 2014

Punya Investasi Rp 8 Miliar, Sudah Waktunya Pensiun Dini?

//images.detik.com/content/2014/12/01/1570/065601_pritas.jpg

Pertanyaan dari Pembaca: Saya Abdul, pegawai swasta dan kadang-kadang bisnis makelaran dengan 4 anak. Saat ini saya bisa dikatakan sudah capek kerja dan maunya pensiun saja.

Sedangkan saya sendiri tidak punya keinginan apa-apa. Kebutuhan bulanan saya + keluarga saat ini +/- Rp 15 juta sebulan termasuk asuransi pendidikan premi Rp 5 juta untuk 4 anak. 

Dua tahun lagi 2 anak sudah lulus kuliah. Sehingga 2 tahun lagi tinggal anak masuk kuliah dan masuk SMA. Saya sudah investasi di obligasi +/- Rp 400 juta, reksa dana +/- Rp 250 juta, emas +/- 600gram , tanah dan bangunan +/- 10.000m (+/- Rp 7 miliar), tabungan Rp 150 juta.

Apakah misal saya pensiun dini sudah cukup bagi saya untuk membiayai semuanya? Terima kasih.

Jawaban:
Sebelum mengambil keputusan pensiun dini, pertanyaannya apakah Anda sanggup untuk pensiun?

Dalam melakukan perhitungan untuk pensiun, maka berikut ini adalah faktor-faktor pembentuknya;
1. Biaya hidup Anda dan keluarga selama durasi pensiun. Apabila Anda memperkirakan akan hidup hingga usia 80 tahun misalnya, maka dengan asumsi usia sekarang adalah 46 tahun, Anda butuh modal untuk mendanai 34 tahun dari hidup Anda sekeluarga. Biaya acuan yang dipakai adalah Rp. 15 juta per bulan atau Rp 180 juta yang setiap tahunnya akan naik sebesar 10%. Dengan kalkulator, hasilnya adalah Rp 44 miliar.
2. Anda masih butuh dana pendidikan untuk dua anak. Tepatnya, 4 tahun untuk yang di bangku kuliah, dan 7 tahun untuk yang saat ini masih mau masuk SMA. Coba Anda hitung berapakah total biaya pendidikan yang dibutuhkan oleh kedua anak ini. Jangan lupa tetap gunakan inflasi harga setidaknya 10% per tahun.
3. Cadangan biaya kesehatan keluarga. Tanpa adanya tunjangan dari kantor, maka Anda wajib menyediakan dana kesehatan untuk Anda dan pasangan. Untuk ini, Anda bisa gunakan acuan premi BPJS Kesehatan yang harus dibayarkan hingga meninggal dunia.

Nah, berikutnya adalah melihat berapa modal pensiun yang sudah Anda miliki saat ini. Berdasarkan informasi, saya perkiraan aset Anda saat ini sejumlah Rp 8,1 miliar. Dari jumlah ini, berapakah aset investasi yang dapat dijadikan produktif? 

Apabila cukup, maka Anda bisa ajukan pensiun dini. Apabila tidak, maka sebaiknya Anda lakukan dulu perencanaan pensiun, tingkatkan modal untuk pensiun, dan baru ajukan pensiun. Selamat mencoba. Live a Beautiful Life!
(http://finance.detik.com/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar