Senin, 30 Januari 2017

5 Tanda Kekerasan Pada Orang Lanjut Usia

  
5 Tanda Kekerasan Pada Orang Lanjut Usia
Jika Anda harus menempatkan orang tua Anda yang sudah berusia lanjut di panti jompo atau tempat penitipan atau perawatan lansia lainnya, maka penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai tAnda adanya kekerasan pada orang tua Anda. Di bawah ini terdapat beberapa tAnda telah terjadi kekerasan pada orang tua tercinta Anda.

  • Adanya Luka 
PenAnda terjelas adanya kekerasan pada orang tua Anda adalah Anda menemukan adanya luka atau memar-memar pada tubuh orang tua Anda. Memang, beberapa orang lanjut usia mudah jatuh dan mengalami luka atau memar, oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui penyebab timbulnya luka atau memar pada tubuh orang tua Anda. 

Jika Anda menemukan banyak luka atau penyebab luka terdengar tidak masuk akal, maka hal ini dapat merupakan penAnda telah terjadi kekerasan pada orang tua Anda. Beberapa contoh luka yang dapat merupakan tAnda telah terjadinya kekerasan adalah memar, luka gores, keseleo, patah tulang, atau tAnda perlawanan lainnya. Kacamata yang rusak atau patah juga dapat merupakan penAnda.

  • Kurangnya Kebersihan Diri
Kurangnya atau buruknya kebersihan diri orang lanjut usia dapat merupakan tAnda adanya penelantaran, terutama bila orang tua Anda tidak lagi dapat mengurus dirinya sendiri, termasuk dalam hal mandi dan berpakaian. Perhatikanlah juga kebersihan kamar tempat tinggalnya.

  • Bagaimana Hubangannya Dengan Pengasuhnya
Perhatikanlah bagaimana hubungan orang tua Anda dengan pengasuhnya. Apakah memang orang tua Anda yang mudah marah atau mereka merasa tidak nyaman dengan pengasuhnya. Perhatikanlah apakah orang tua Anda pernah bertengkar dengan pengasuhnya. Lakukanlah kunjungan mendadak pada orang tua Anda. Dengan tidak memberitahukan kedatangan Anda, maka Anda mungkin dapat melihat berbagai hal yang tidak dapat Anda lihat sebelumnya.

  • Adanya Perubahan Perilaku
Saat seseorang tinggal di suatu lingkungan baru, maka perubahan perilaku merupakan hal yang normal terjadi. Akan tetapi, bila Anda memperhatikan adanya perubahan besar pada perilaku maupun kepribadian orang tua Anda maka hal ini dapat merupakan tAnda yang perlu Anda khawatirkan. 
Beberapa perubahan sosial yang perlu diperhatikan adalah menarik diri dari lingkungan, terlihat ketakutan, mudah dikagetkan, terlihat cemas atau gelisah, mood berubah-ubah, tampak depresi atau apatis (acuh tak acuh), kurang tidur dan atau sering mengalami mimpi buruk, dan menghindari kontak mata. Beberapa perubahan perilaku lainnya adalah kemunduran perilaku seperti kembali menghisap jempolnya.

  • Penelantaran
TAnda lainnya adanya kekerasan pada orang tua Anda adalah penelantaran, seperti orang tua Anda sering ditinggalkan sendirian tanpa pengawasan dalam waktu yang cukup lama, tidak diperbolehkan keluar dari kamarnya atau tidak diperbolehkan turun dari ranjangnya atau ditinggalkan sendirian pada tempat umum.

Sumber: allwomenstalk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar