Selasa, 23 Juni 2015

Banyak Tidur dan Makan Sehat, Kunci Panjang Umur Orang Tertua Saat Ini


Banyak Tidur dan Makan Sehat, Kunci Panjang Umur Orang Tertua Saat IniSusannah Mushatt Jones (Foto: NY Daily News)
 
Awal bulan ini, Jeralean Talley, wanita yang tercatat sebagai orang paling tua di dunia menghembuskan napas terakhirnya. Ia berpulang tepat 26 hari setelah ulang tahunnya yang ke-116 Mei lalu. Rekor orang tertua di dunia pun otomatis bergeser kepada Susannah Mushatt Jones.

Usia Jones saat ini baru menginjak 115 tahun. Namun pada 6 Juli mendatang, ia akan berulang tahun ke-116. Jones dan Talley sama-sama wanita berkulit hitam yang tinggal di Amerika. Bedanya, Talley berasal dari Detroit, sedangkan Jones tinggal di sebuah apartemen kecil di Brooklyn, New York.

Uniknya, Jones bahkan belum percaya jika ia kini berhak menyandang gelar sebagai manusia tertua di dunia. "Saya orang tertua di dunia? Bukan, bukan saya!" katanya kepada salah satu cucu kemenakannya, Myra Simpson (40).

Simpson mengungkapkan Jones akrab disapa sebagai T (dari kata auntie atau bibi) dalam keluarga besar mereka. Meskipun penglihatannya sudah hilang dan pendengaran wanita ini berkurang, Simpson meyakinkan Jones bukanlah wanita tua yang hanya bisa tiduran di kasur.

"Untuk orang seusianya, ia masih tetap awas dengan sekitarnya," tegas Simpson seperti dikutip dari NY Daily News, Selasa (23/6/2015).

Menurut Jones, rahasianya berumur panjang tidaklah muluk-muluk. "Saya banyak tidur," ungkapnya sembari tertawa. Simpson menimpali, Jones tidak banyak mengonsumsi obat-obatan. Dalam sehari, ia hanya menenggak dua obat saja, multivitamin dan obat penurun tekanan darah.

Tiap bangun tidur, ia selalu minum segelas air dan jus cranberry. Sedangkan untuk sarapan, menu makanan Jones tak jauh-jauh dari bacon dan telur. Akan tetapi wanita yang di masa mudanya bekerja sebagai babysitter untuk keluarga kaya itu menegaskan bahwa ia tidak pernah berpesta, merokok ataupun minum alkohol.

"Ia juga hampir tidak pernah memiliki gangguan kesehatan," imbuhnya. Hanya saja sang bibi memang tidak menikah, sehingga ia hanya dikelilingi oleh kemenakan dan cucu kemenakannya yang berjumlah mencapai 100 orang, termasuk Simpson.

Ini pulalah yang menjadi kunci panjang umur Jones. Meski tak pernah bersuami atau memiliki anak, namun keluarga besarnya selalu ada untuknya dan mendukungnya. Setiap Minggu, hampir semua cucu kemenakannya bergantian mengunjunginya.

Baca juga: Rahasia Unik Panjang Umur Orang-orang Tertua di Dunia, Mau Tahu?
Rencananya keluarga akan menggelar pesta ulang tahun untuk sang bibi selama dua hari berturut-turut. Untuk keluarga dekat, pesta akan digelar secara tertutup pada tanggal 6 Juli, dan keesokan harinya mereka akan menggelar pesta yang dihadiri tetangga dan rekan-rekan Jones.

"Ia ingin mendapat telepon dari Presiden Obama di ulang tahunnya nanti," bisik Simpson kepada sang bibi yang disambut dengan senyum kecil di wajahnya.

Rahasia panjang umur Jones ternyata tak jauh berbeda dengan yang diungkapkan Misao Okawa. Wanita yang sempat mengantongi gelar sebagai manusia tertua di dunia sebelum Talley. Wanita asal Jepang itu mengaku selalu memastikan waktu tidurnya tak kurang dari 8 jam dalam semalam.


(http://health.detik.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar