Memiliki hobi menyanyi memang selalu menyenangkan. Di mana pun Anda menyanyi dan seberapa bagus suara Anda, menyanyi selalu bisa menciptakan suasana hati yang lebih baik. Tak hanya itu, menyanyi ternyata bermanfaat untuk kesehatan.Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Frankfurt, Jerman dalam AS Journal of Behavioural Medicine menunjukkan manfaat menyanyi yang bisa memperkuat sistem imun tubuh sehingga dapat menghalau penyakit.
Beberapa manfaat menyanyi bagi kesehatan tubuh memang sudah dibuktikan sejak zaman dahulu kala dan masih bisa kita dapatkan hingga detik ini. Mau tahu manfaat lainnya dari menyanyi?
1. Lebih semangat
Saat menyanyi secara tak sadar diri kita pun melakukannya dengan semangat, ternyata hal ini merupakan efek dari hormon endorfin yang dihasilkan. Hasilnya suasana hati Anda pun berubah bahagia, energi semangat pun terpancar dari tubuh Anda.
2. Menyehatkan paru-paru
Menyanyi memiliki beberapa teknik, salah satunya olah pernapasan melalui paru-paru. Ternyata, secara otomatis kita telah melatih paru-paru dan jantung saat menyanyi dengan teknik ini. Konon, ini yang menjadi kunci para penyanyi memiliki jantung dan paru-paru yang sehat hingga lanjut usia (lansia).
3. Awet muda
Kebiasaan menyanyi dapat membantu melatih otot-otot wajah dan perut yang dapat membuat Anda awet muda dan lebih bersemangat.
4. Memperbaiki postur tubuh
Latihan olah vokal secara profesional bisa membuat dada Anda lebih lebar dan mendorong punggung dan bahu untuk tegak. Secara tak langsung Anda membiasakan postur tubuh Anda untuk bersikap tegak.
5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Saat menyanyi, sel-sel tubuh mengalami oksidasi. Menyanyi juga meningkatkan imunoglobin A dan sel pembunuh T yang membantu melindungi tubuh terhadap infeksi ringan.
6. Salah satu bentuk aktivitas fisik
Menyanyi merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik ringan yang direkomendasikan untuk para lansia atau orang yang memiliki keterbatasan fisik.
7. Tidur lebih nyenyak
Salah satu manfaat dari menyanyi adalah mengurangi tingkat stres sehingga membuat beban pikiran menjadi lebih ringan dan tidur pun lebih nyenyak. (http://www.harianaceh.co.id)