Kamis, 26 Juni 2014

Sudinsos Jakpus Hibur dan Beri Bantuan Ratusan Lansia

Memperingati hari Lanjut Usia Nasional (LUN) ke-18 tahun, Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat menggelar acara acara hiburan sekaligus bantuan sosial kepada ratusan Lansia di Gedung KONI Jakarta Pusat, Rabu (25/6).

Dalam acara itu, Pemkot Jakarta Pusat juga memberikan pengobatan gratis terhadap Lansia dengan menggandeng tim medis dari Rumah Sakit Atmajaya

Kepala Sudin Sosial Jakarta Pusat, Marjito menjelaskan, kegiatan hari ini digelar dalam rangka memperingati hari LUN ke-18 yang jatuh pada 28 Mei lalu. Bentuk kegiatan sendiri berupa bantuan sosial, pengobatan gratis dan acara hiburan serta perlombaan.

"Hari ini ada tiga perlombaan yakni olah vokal, merias tanpa kaca dan joget patung. Ini kegiatan rutin, sekarang peringatan LUN tingkat kota," katanya saat ditemui di lokasi.

Marjito mengungkapkan, pada kegiatan ini pihaknya memberikan bantuan sosial berupa sembako, seragam olahraga dan pengobatan gratis melalui kerjasama dengan Rumah Sakit Atmajaya.

"Selain cek tensi darah, Lansia yang punya penyakit kronis bisa langsung ditindaklanjuti pakai surat rekomendasi dari dokter RS Atmajaya dan tidak bayar," jelasnya.

Ia melanjutkan, 200 Lansia berumur 60 tahun ke atas yang diundang dalam acara ini berasal dari Forum Komunikasi Lanjut Usia (FKLU) dan Pusat Santunan Dalam Keluarga (Pusaka). Kedua forum Lansia itu merupakan bentukan masyarakat yang berada di bawah binaan Sudin Sosial Jakarta Pusat.

"Kita juga bantu beri santuan uang Rp500 kepada para Lansia di kedua forum itu setiap hari," ucapnya.

Marjito mengungkapkan, kegiatan ini digelar dengan tujuan dapat menjadi wadah silaturahmi para Lansia di wilayah Jakarta Pusat. Selain itu, acara ini juga diharapkan bisa menjadi hiburan bagi mereka.

"Tujuannya untuk menyatukan Lansia agar saling bertemu dan silahturahmi. Lewat acara ini, paling tidak para mereka merasa diperhatikan," tukasnya.

Susilo Rini (63), salah satu Lansia dari FKLU mengaku senang telah diundang dan diajak berpartisipasi dalam acara peringatan Hari Lanjut Usia pada tahun ini. Terlebih, dalam acara ini para Lansia diberikan bantuan sosial berupa sembako dan pengobatan gratis.

"Kegiatannya bagus, orang-orang berumur seperti saya jadi mereka diperhatikan," tuturnya.

Nenek yang sudah dikaruniai empat orang cucu ini mengatakan datang ke lokasi bersama teman-teman Lansia dengan mencarter mikrolet.

"Saya ke sini sama rombongan pake mikrolet. Kita niatnya mau ikut lomba merias wajah tanpa kaca," pungkasnya.


(www.harianterbit.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar