Banyak
karyawan lupa arti penting persiapan pensiun lantaran sibuk bekerja. Untuk itu
Dana Pensiun Astra mengajak karyawan mempersiapkan diri secara baik agar nyaman
di hari tua.
Dana Pensiun Astra (DPA) terus aktif mensosialisasikan
pentingnya mempersiapkan pensiun bagi para kayawan di Astra Group. Akhir tahun
lalu, bekerja sama dengan PT Komatsu Remanufacturing Asia (PT KRA), DPA
melakukan sosialisasi untuk karyawan PT KRA di Balikpapan, Kalimantan Timur. Sosialisasi
ini dihadiri oleh 167 peserta, di mana 157 di antaranya belum pernah mengikuti sosialisasi DPA.
Sosialisasi
ini diadakan di dua plant PT KRA yang
terletak di Balikpapan. Peserta yang hadir menunjukkan antusias yang tinggi. Hal ini
terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta kepada narasumber.
Salah satu informasi yang menjadi perhatian utama peserta adalah kapan manfaat
pensiun dapat diklaim. DPA menjelaskan bahwa manfaat pensiun dapat diklaim oleh
peserta segera setelah peserta tidak lagi bekerja di Astra Group. Pada itu DPA
juga menginformasikan pengetahuan dasar tentang Dana Pensiun Astra serta jenis
investasi yang dimiliki DPA dan hasil investasinya.
Sebelumnya, pada pertengahan tahun 2011, DPA telah mengadakan
sosialisasi Program Persiapan Pensiun (P3), yaitu tahap 1 angkatan 11, yang
diperuntukkan bagi peserta DPA yang akan memasuki masa pensiun pada tahun
2013-2014. Program
ini dihadiri oleh 141 peserta dari 28 perusahaan. Tahap satu dari Program
Persiapan Pensiun ini telah diikuti oleh 1.412 peserta sejak tahun 2008.
Dalam
sambutannya, Direktur
PT Astra International Tbk,
Johnny Darmawan, menyampaikan pentingnya persiapan pensiun
bagi setiap karyawan karena banyak karyawan yang lupa akan persiapan pensiunnya
lantaran
sibuk bekerja. Program ini diharapkan mampu mempersiapkan karyawan Astra Group
untuk memasuki masa pensiun secara
lebih baik.
Pada kesempatan itu DPA menyarankan bagi setiap
peserta DPA yang telah memenuhi syarat (berumur sekitar 53 tahun) agar segera menghubungi divisi HRD masing-masing
untuk dapat diikutsertakan pada Program
Persiapan Pensiun.
DPA yang didirikan pada tahun 1986 oleh founder PT Astra
International Tbk, Wiliam Soerjadjaja da keluarganya, kini terus berusaha
memperjuangkan akan karyawan-karyawan Astra Group yang akan memasuki masa
pensiun dapat mempersiapkan diri secara baik. Hal ini tak terlepas dari
filosofi yang diusung DPA, yakni memperjuangan kesejahteraan sosial yang layak
bagi karyawan di hari tua.
Dan untuk mencapai kesejahteraan itu dibutuhkan adanya
usaha bersama untuk memupuk dana sebagai bekal hidup yang layak bagi karyawan
dan atau keluarganya saat memasuk masa pensiun atau meninggal dunia. Pada awal
berdirinya, 11 perusahaan bergabung sebagai mitra pendiri dengan peserta aktif
sebanyak 8.361 orang. DPA diwadahi dalam bentuk Yayasan Dana Pensiun Astra pada
tanggal 1 Januari 1987. Kini sudah 110 perusahaan bergabung sebagai mitra DPA.
Karyawan yang mengikuti program DPA wajib membayar iuran
melalui pemotongan gaji setiap bulan. Hak peserta DPA antara lain mendapatkan
manfaat pensiun sesuai dengan ketentuan; memperoleh informasi yang terkiat
saldo iuran dan laporan investasi; memilih perusahaan asuransi untuk membeli
produk anuitas; dan memonitor perkembangan proses klaim manfaat pensiun ke HRD
masing-masing.
Manfaat dana pensiun bagi peserta adalah memperoleh
jaminan kesinambungan penghasilan purna tugas bagi diri sendiri, bagi
isteri/suami dan anak-anaknya, dan kesejahteraan di hari tua bagi diri dan
keluarga. Dengan mengikutsertakan para karyawan menjadi peserta DPA berarti
perusahaan di lingkungan Astra Group memberikan perhatian kepada karyawannya
untuk kelangsungan hidupnya setelah berhenti bekerja dari perusahaan. Adanya
jaminan kesinambungan penghasilan akan memberi rasa aman karyawan di masa
depan. ***
Mempermudah
Jalur Komunikasi
Hingga
Agustus 2011, peserta aktif Dana Pensiun Astra telah mencapai 114.966 orang dan
pasif sebanyak 21.872 orang, yang tersebar di seluruh pelosok nusantara. Dengan
jumlah yang semakin meningkat dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia, penting
bagi DPA untuk membangun jalur komunikasi yang mudah diakses para
peserta. DPA pun membuatkan jalur komunikasi yang beragam untuk memudahkan
peserta dalam mengakses info mengenai DPA antara lain saldo manfaat pensiun,
hasil pengembangan dan tata cara klaim serta menyampaikan saran dan pendapat
kepada DPA.
Saran dan pendapat ini dapat menampung hal-hal yang
menjadi perhatian dan harapan peserta. Dengan begitu, DPA dapat memberikan
pelayanan yang lebih baik sebagai upaya untuk memenuhi amanat yang tercantum
dalam Peraturan Dana Pensiun pasal 16 ayat 16 tentang tata cara penyampaian
saran dan pendapat oleh peserta kepada Pengurus, Pendiri, dan Dewan Pengawas.
Untuk mencapai kemudahan tersebut, hingga akhir tahun
2011, DPA telah memiliki sembilan jalur komunikasi yang dapat diakses seluruh
peserta untuk menyampaikan saran dan pendapat. Jalur-jalur tersebut antara
lain:
·
Halo DPA di 021.6530.9009
·
Email
melalui CS@dapenastra.com
·
Website DPA di www.dapenastra.com
·
Facebook page DPA di www.facebook.com/dapenastra
·
Fans Page DPA di www.facebook.com/pagedapenastra
·
Twitter DPA di www.twitter.com/dapenastra
·
Booth Dana Pensiun Astra yang secara bergilir berdiri di
beberapa mitra pendiri DPA
·
Sosialisasi yang sering diadakan untuk peserta baik di
dalam kota maupun luar kota
·
Surat-menyurat langsung ke alamat DPA di Gedung Grha SERA
lantai 8 Jalan Mitra Sunter Blvd Blok C2 Kav 90 Sunter, Jakarta Utara
Selain itu DPA juga sedang mengembangkan SMS center
sebagai jalur komunikasi baru untuk peserta. Semoga
dengan jalur komunikasi yang ada peserta dapat lebih mudah dalam menyampaikan
saran dan pendapat untuk perbaikan DPA di kemudian hari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar