Selasa, 30 Juni 2015

Seberapa Perlu Kakek Nenek Harus Diet di Era Modern Ini?

Obesitas adalah masalah besar yang dihadapi seluruh dunia. Menjadi mimpi buruk banyak orang karena membawa akibat yang membahayakan tubuh termasuk kematian. Namun sayangnya angka ini terus meningkat melebihi angka kelahiran bayi. Lalu bagamaina bila obesitas ini terjadi pada lansia dengan usia >60 tahun dengan fungsi tubuh yang menurun?
Selama ini kita mengenal cara menurunkan berat badan melalui dua hal yaitu dengan diet dan olahraga. Mana yang terbaik?
Pada tahun 2012 dilakukan penelitian oleh Dennis dkk di Amerika serikat yang mengumpulkan 93 lansia dengan obesitas. Penelitian ini dibagi 3 kelompok yaitu kelompok diet, olahraga dan kombinasi diet-olahraga. Hasilnya menunjukkan bahwa penurunan berat badan paling cepat terjadi pada kelompok diet dibanding kelompok diet-olahraga sekalipun. Namun dalam hal penurunan lingkar pinggang, fleksibilitas, dan asupan oksigen lebih baik pada kelompok kombinasi diet-olahraga.
Diet yang dianjurkan pada lansia adalah diet dengan mengurangi kebutuhan kalori 500-750 kcal dari kebutuhan harian. Sedangkan olahraga yang aman bagi lansia adalah olahraga aerobik seperti jalan santai, treadmill, bersepeda dan naik turun tangga. Olahraga cukup dilakukan perlahan dan teratur selama 90 menit setiap latihan.
Paling penting adalah proses penurunan berat badan ini dilakukan dengan bahagia karena penurunan berat badan yang sehat membutuhkan waktu yang tidak instan.
Penulis:
dr.Alfi Marita Tristiarti
email : alfimarita1103@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar