Sabtu, 24 Januari 2015

Tips Mempersiapkan Masa Tua

13790880331481202755
doc.pri/Maunya kita tetap muda,tetapi tidak seorangpun bisa menghindar menjadi tua.

Andaikan kita bisa memilih……….
Maka setiap orang yang waras, pasti ingin selalu tetap muda.
Kaum wanita ingin bisa tetap muda,langsing dan cantik.Sedangkan bagi kaum pria ,inginnya tetap muda ,ganteng dan perkasa. Tetapi kenyataaanya, menjadi tua adalah kodrat manusia.Tak seorangpun dapat menghindarinya. Suka ataupun tidak suka ,kita semua suatu waktu akan menjadi tua.
Menjadi tua,berarti usia yang bertambah,tetapi tenaga menjadi berkurang. Tanpa disadari rambut mulai memutih ,gigi mulai rontok satu persatu dan kulit yang tadinya mulus, perlahan lahan mulai keriput disana sini. Tenaga lambat laun menjadi berkurang. Yang sebelumnya bisa berlari kencang,kini hanya bisa berjalan perlahan lahan.
Dalam kalimat lain.setiap orang berjalan menuju masa tua.
Namun kita bisa memilih :
  1. menjadi tua dan menjadi beban anak cucu atau

  2. menjadi tua ,namun tetap mandiri
Ada pribahasa yang mungkin kedengaran sudah usang,tapi sebenarnya tetap up to date untuk disimak dan diaplikasikan dalam setiap aspek kehidupan kita. “ Don’t wait ,untill to-morrow what you can do to day,because to-morrow maybe too late” . Jangan tunggu sampai besok,apa yang dapat dikerjakan pada hari ini,karena esok mungkin sudah terlambat.
Mengapa?
Karena :
  1. menunda berarti membatalkan rencana.

  2. menunda berarti menutup peluang

  3. menunda berarti meliwatkan kesempatan

  4. menunda berarti tidak menggunakan hak pilih kita
Kita sering terlena dan berpikir:” Masih banyak waktu ,saya masih muda,tidak perlu buru buru,takkan lari gunung dikejar dan seterusnya.
Kita lupa,bahwa kesempatan terkadang hanya datang sekali saja dalam hidup kita dan belum tentu kesempatan kedua akan datang lagi. Kita juga sering lupa,bahwa “gunung memang tidak akan lari”,tapi mungkin kita yang tidak lagi memiliki tenaga untuk mendaki kegunung.
The Power of mind
Jangan hanya belajar dari kesuksesan ,tapi belajarlah juga dari kegagalan hidup orang lain.Agar kita jangan sampai mengalami kegagalan yang sama.
Gagal atau sukses,diawali dari cara berpikir kita. Karena pikiran selalu mendahului apa yang akan terjadi. Orang yang selalu berpikiran bahwa ia akan gagal,maka kegagalan pasti akan menjadi miliknya. Sebaliknya bila kita selalu berpikir sukses,maka sukses akan jadi bagian dari hidup kita.
Salah satu cara berpikir yang salah:” Saya sudah tua,wajarlah bila saya sakit sakitan,toh ada anak cucu yang akan menjaga saya”.
Bila pikiran negatif ini dibiarkan berlarut dan mengendap di alam bawah sadar,maka kita sudah men setting atau memprogram:” Kalau saya tua ,saya akan sakit sakitan dan jadi beban anak cucu saya.” Maka orang yang berpikiran demikian sudah menciptakan doa negatif bagi dirinya sendiri. Dalam bahasa yang vulgar ,dapat dikatakan bahwa orang yang selalu berpikiran negatif adalah orang yang mengutuki dirinya sendiri. Maka kutukan itupun jadilah.
You are what you think. Anda akan menjadi seperti apa yang anda yakini. Jadilah seperti yang kita imani.
Pikiran dapat menjadi madu dalam hidup kita,tetapi juga bisa menjadi racun. Terserah kepada kita ,mau diarahkan kemana.
Berbagi pengalaman hidup.
Biasanya orang gembira,bila setelah hidup merantau belasan tahun dan dapat kesempatan pulang kampung,karena kesempatan untuk bisa berjumpa dengan sanak famili dan teman teman lama. Namun ketika saya pulang kampung,justru saya sangat sedih. Karena sewaktu saya menemui teman teman saya sewaktu masih muda, ternyata kondisi mereka amat sangat memprihatinkan. Kelangsungan hidup mereka ditanggung oleh anak anak mereka,karena sudah tidak bekerja lagi
Dan tidak ada suatu pegangan yang bisa menunjang hidup mereka. Saya merinding menyaksikan kehidupan mereka yang morat marit.Karena mereka sama sekali tidak terpikir untuk mempersiapkan masa tua yang baik. Dan kesempatan itu sudah berlalu. Karena mereka terlena ,tidak waspada dan tidak memanfaatkan kesempatan yang ada. Lost time ,will never found again. Waktu yang sudah di sia siakan (berlalu),tidak mungkin akan didapatkan lagi!
Jangan Hidup Seperti Ayam
Dulu sewaktu masih muda,saya merasa amat tersinggung,ketika dinasihati oleh Om saya:” Effendi.anda jangan hidup seperti ayam. Mengais dari pagi hingga sore,hanya untuk dimakan pada hari ini .Karena kelak bila anda sudah tidak mampu mengais lagi,maka anda akan mati kelaparan”
Pada waktu itu saya merasa wajah saya bagaikan ditampar dengan sangat keras. Berbulan bulan,saya tidak mau mengunjungi Om saya,bahkan tidak mau menyapanya. Saya merasa terhina disamakan dengan ayam”
Tetapi suatu waktu, seekor ayam yang sudah bertahun tahun saya pelihara mati di kandangnya. Saya sedih . Ketika saya angkat, saya kaget karena ayam ini sangat kurus,hingga tulang belulangnya menonjol. Rupanya ,karena hidup kami sendiri melarat,saya tidak sempat memperhatikan,bahwa karena sudah tua,ayam ini tidak lagi bisa mengais dan mencari makan sendiri. Akibatnya ia mati kelaparan di kandangnya.
Malam harinya saya tidak bisa tidur. Karena sedih ayam yang saya perlihara dari sejak baru menetas,mati karena kelaparan. Tiba tiba,bagaikan tersengat listrik,saya tersentak. Ingat apa yang dikatakan Om saya beberapa bulan sebelumnya :” Effendi jangan hidup seperti ayam, yang mengais sepanjang hari,hanya untuk makan sehari. Kelak kalau sudah tidak bisa mengais lagi,akan mati kelaparan” Saya merinding. Saya tidak mau hidup dan mati seperti seekor ayam!”
Sejak saat itu,saya membuang semua pikiran negatif dan bertekad :” Kelak saya akan jadi orang tua yang mandiri. Saya tidak mau jadi beban anak cucu.!”
Saya datangi rumah Om saya dan minta maaf,karena saya sudah salah paham .”Bagus kalau anda sudah memahami “ Kata Om saya dengan serius.
Rasa Syukur Yang Tidak Berkesudahan
Nasihat Om saya,yang pada awalnya saya rasakan sebagai penghinaan,ternyata mampu membuka cakrawala berpikir saya. Berterima k.asih pada almarhum Om saya dan bersyukur tak habis habisnya kehadirat Sang Mahapengasih. Saya tidak gamang memasuki usia tua.bahkan tidak jarang saya lupa bahwa usia kami sudah memasuki ke 71 tahun.
Kami berdua ,diberikan kesempatan untuk mengunjungi berbagai negara. Melengkapi kunjungan ke 7 Keajaiban Dunia.bahkan kami sudah mengunjungi 5 benua di dunia ini. Yang mungkin tidak banyak orang yang dapat menikmatinya.
Saya selalu membiasakan diri,setiap subuh.,begitu bangun tidur,membuka mata dan menggerakan anggota tubuh,maka kata yang pertama saya ucapkan dari pikiran,hati dan mulut saya adalah :”Segala Puji dan Syukur BagiMu Ya Tuhan. Saya masih hidup dan sehat!”
Ternyata dengan mengawali hari kita dengan bersyukur ,akan mempermudah hidup kita  dan membukakan pintu rejeki .Sesungguhnyalah hidup itu adalah sebuah pilihan. Pilihlah yang terbaik,agar kelak tidak akan kita sesali.
Padang,13 September ,2013
Tjiptadinata Effendi
(http://filsafat.kompasiana.com/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar