Senin, 13 Juli 2015

Manfaat Ruang Hijau Terbuka Untuk Orang Lanjut Usia

Foto: express.co.uk
Foto: express.co.uk
Sebuah penelitian menyoroti tentang pentingnya melakukan kontak sehari-hari dengan alam untuk kesehatan jasmani dan rohani, khususnya bagi orang lanjut usia.

Lingkungan yang alami, sejuk dan asri telah lama dikenal dapat mempercepat penyembuhan fisik, mental dan spiritual. Ruang hijau dan biru menciptakan perasaan pembaharuan, restorasi dan keterhubungan spiritual.

"Kami melakukan penelitian dalam kehidupan sehari-hari warga senior antara usia 65 dan 86. Kami menemukan bagaimana pengalaman yang relatif biasa, seperti mendengar suara gemericik air atau dengungan lebah di antara bunga-bunga, dapat memiliki dampak yang luar biasa pada kesehatan secara keseluruhan," kata pimpinan peneliti Jessica Finlay, di sebuah universitas di AS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggabungkan fitur yang lebih kecil, seperti kolam ikan koi atau bangku dengan pemandangan bunga, kesehatan masyarakat dan strategi pembangunan perkotaan dapat mengoptimalkan alam sebagai sumber daya kesehatan untuk orang lanjut usia.

Banyak orang yang telah melalui saat-saat yang berat ketika baru saja mengalami penyakit kronis dan cacat dengan mencari keseimbangan dalam ruang hijau dan biru.

"Keinginan untuk pergi ke ruang hijau dan biru (pemandangan alami) setiap hari mendorong warga lanjut usia untuk keluar dari rumahnya. Hal ini pada gilirannya memotivasi mereka untuk menjadi aktif secara fisik, rohani dan sosial, yang berguna untuk mengimbangi penyakit kronis, cacat dan isolasi," kata Finlay.

Lingkungan terbuka dan alami memungkinkan orang lanjut usia untuk tetap aktif di masa pensiun dan memberikan kesempatan bagi beragam kegiatan di luar rumah.

Hal ini penting untuk memperbaiki kualitas hidup yang menurun akibat kebosanan, isolasi dan kesepian. "Penelitian ini bukan hanya sekadar anekdot, kami menemukan beberapa elemen kecil tapi signifikan untuk kebaikan di hari yang akan datang. Mudah-mudahan hasil penelitian ini akan membantu dalam proses perencanaan kota dan membangun komunitas yang dapat berlangsung seumur hidup," jelas Jessica.

Manfaat ruang hijau terbuka bagi manusia:
1) Menimbulkan rasa positif dan kesehatan
2) Membantu menghilangkan stres dan kekhawatiran
3) Warna-warna cerah seperti hijau dan biru meningkatkan penglihatan Anda
4) Memberikan suasana yang tenang dan santai
5) Diperlukan oleh pikiran Anda untuk sejenak lepas dari ketegangan sehari-hari dan membantu Anda 'kembali remaja' di pangkuan alam.
6) Memiliki manfaat jangka panjang yang signifikan dari kesehatan mental
7) Ruang hijau memotivasi Anda untuk berolahraga setiap hari. Menurut laporan, orang-orang muda kini lebih suka keluar untuk berjalan-jalan, berlari di taman, dan bersepeda di pegunungan ketimbang berkeringat dalam ruang sempit gym, karena dapat meningkatkan kehidupan sehari-hari mereka.
8) Berjalan-jalan di taman yang hijau pada pagi hari akan membantu Anda tetap optimis
9) Ruang hijau juga dikatakan dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menurunkan tekanan darah.
10) Ruang hijau juga bisa 'memperpanjang' usia. Anda akan selalu menemukan orang tua yang sedang berjalan-jalan di  taman yang hijau karena memiliki efek positif pada kehidupan mereka. (Times of India/Metrotvnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar