Sabtu, 28 Juni 2014

5 Tips puasa untuk lansia

5 Tips puasa untuk lansia
 Selama bulan puasa, asupan makan menjadi berkurang hingga 12 persen dari asupan makanan dari yang biasanya. Kondisi ini tidak hanya dialami oleh anak muda saja, tapi juga bagi mereka yang sudah lanjut usia.
Saat usia sudah menginjak 50 tahun ke atas, seseorang akan mengalami perubahan seperti cairan tubuh yang turun dari 60 persen menajdi 45 persen. Hal ini tentu akan mengakibatkan resiko mengalami dehidrasi dan mudah timbul rasa lelah, lemah dan letih. Lau bagaimana dengan mereka, lanjut usia yang ingin berpuasa, amankah?
Sebenarnya boleh-boleh saja bila orang sudah lanjut usia melaksanakan puasa asal perhatikan pola makannya yakni dengan mengonsumsi 40 persen kalori saat sahur dan 50 persen kalori saat berpuasa. Dengan mengonsumsi makanan ringan dan makan berat setelah maghrib. Setelah itu 10 persen kalori sesudah melakukan tarawih. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan orang lanjut usia (lansia) dalam melakukan puasa.
  •  Konsumsi cairan
Usahakan agar Anda mengonsumsi cairan minimal 8-10 gelas untuk mencegah dehidrasi dengan 2 gelas saat berbuka, 3-4 gelas setelah tawarih hingga sebelum tidur, dan 1 gelas saat bangun tidur sebelum sahur serta 1-2 gelas saat sahur. Selain konsumsi air putih, Anda juga bisa mengosumsi jus buah sebelum berbuka puasa dan sebelum tidur guna untuk menggantikan cairan yang kurang selama berpuasa.
  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi
Sangat penting bagi usia lanjut untuk lebih memperhatikan pola makan selama berpuasa. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan berserat tinggi. Misalnya, gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah. Batasi makan-makanan yang berminyak saat berbuka, karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini untuk mencegah penyakit jantung, jantung koroner dan hipertensi yang sering dikeluhkan pada usia lanjut.
  • Konsumsi vitamin
Vitamin bisa membantu bagi usia lanjut untuk menambah stamina selama berpuasa agar tidak lemas. Dan bagi mereka yang memiliki beberapa penyakit, obat harus tetap dikonsumsi tetap diminum sesuai jadwal pada saat sahur dan berbuka puasa, sesuai petunjuk dokter.
  •  Aktivitas fisik
Olahraga bisa dilakukan siapa saja bukan hanya orang muda saja, tapi juga berlaku bagi usia lanjut. Melaakukan aktivitas fisik secara wajar, tidak masalah asal jangan berlebihan supaya mencegah kelelahan saat berpuasa, seperti joging, berjalan kaki, atau meditasi. Dan jangan lupa untuk beristirahat yang cukup.
  • Cek up kesehatan
Ada baiknya bila Anda tetap memonitor kesehatan sebelum, selama, dan sesudah berpuasa. Misalnya dengan pengecekan kadar glukosa darah dan tekanan darah harus dilakukan rutin. Bila dilihat hasil pemeriksaan kurang baik,dianjurkan untuk tidak berpuasa.
 (www.infojajan.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar