Sabtu, 03 Januari 2015

Cara Menjaga Kesehatan Lansia Dengan Pola Hidup Sehat

Gangguan metabolisme seperti hipertensi, diabetes melitus, osteoporosis dan stroke adalah penyakit yang paling sering menyerang orang berusia lanjut atau Lansia. Kita sebaiknya membiasakan hidup sehat dan menjaga keluarga atau orang tua kita agar jauh dari penyakit tersebut.

Seorang Lansia dengan usia antara 50-60 tahun beresiko menderita penyakit sebagai berikut: Diabetes melitus, Hipertensi,S, dan Osteoporosis dan Jantung. Untuk itu kita harus selalu menjaga apa yang kita makan dan hidup dengan pola sehat, untuk Lansia sebaiknya menghindari makan makanan yang terlalu padat, asin dan manis.

Pola Makan Sehat untuk Lansia
Cara Menjaga Kesehatan Lansia salah satunya dengan membatasi porsi makanan mereka, karena kebutuhan energi pada lansia relatif sudah mulai berkurang. Agar tidak mempengaruhi Stamina dan Kesehatan Lansia,
pembatasan porsi dapat dilakukan bertahap dan yang terenting adalah asupan gizi walaupun porsinya di batasi tapi justru nilai gizi ada makanan harus di tambah. Selain itu waktu/jam makan juga harus diatur dengan tepat.

Cara Menjaga Kesehatan Lansia

Makanan Tepat dan Sehat untuk Lansia
Zat lain yang juga sangat penting bagi lansia adalah Omega 3. Zat yang sangat berguna untuk tubuh ini, bisa didapatkan dari ikan laut, Sayur, Buah dan minyak ikan, dengan tujuan dapat mencegah terjadinya gejala stroke pada orang tua usia lanjut. Buah dan sayuran untuk kebutuhan vitamin juga serat.

Selain mengatur pola makan, hal lain yang dibutuhkan untuk Menjaga Kesehatan lansia adalah Zat Kalsium dan protein yang bisa didapatkan dari susu. Zat Kalsium berguna untuk memperkuat tulang, mencegah tubuh membungkuk dan mengurangi terjadinya osteoporosis. Sehingga minum susu secara rutin, sangat dianjurkan untuk para Lansia. Dan sebaiknya meminum susu dengan jenis lowfat dan rendah gula.

Olah Raga yang Tepat untuk Lansia
Dengan memberikan asupan makanan bergizi untuk Lansia dan menjaga pola makan yang tepat, anda juga harus mengatur rutinitas Olah raga bagi Lansia. Sebaiknya aktifitas olah raga yang dilakukan tidak berat seperti Anda yang masih muda. Namun, bagi lansia jalan kaki merupakan aktifitas paling sederhana dan relatif aman. Aktifitas Jalan kaki dapat melatih kekuatan otot jantung, kaki dan menjaga kelancaran pernapasan bagi lansia. Selain itu bisa juga dengan melakukan gerakan-gerakan senam lansia di rumah setiap pagi, agar otot tidak kaku.

Ingat! pastikan Anda menjaga kesehatan kedua orang tua sejak dini. Periksakan ke dokter secepatnya ketika mereka mulai mengeluh tentang kondisi tubuhnya. Dan yang pasti, jangan pernah lupa untuk mengatur asupan makanan bergizi untuk mereka. Susu, Omega 3 dan SBI (Sayur, Buah, Ikan Laut) adalah konsumsi wajib orang tua kita.

Demikian beberapa masukan dan tips dari kami untuk Menjaga Kesehatan Lansia Dengan Pola Hidup Sehat, semoga artikel tersebut dapat membantu anda. (http://www.pawarta.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar