Minggu, 22 Juni 2014

Hemat Kala Ramadhan Tiba


Puasa sebentar lagi. Semua orang pasti mengamini bahwa bulan puasa adalah bulan penuh berkah. Bagaimana tidak, THR yang melimpah, nostalgia bersama kawan-kawan lama melalui acara buka puasa bersama, plus berkumpul bersama sanak keluarga. Namun jangan sampai Anda terkecoh, faktanya di bulan puasa pengeluaran justru bertambah sebesar 2 sampai 3 kali lipat biasanya. 
Mengapa demikian? Harga kebutuhan pokok yang melonjak,  kebiasaan untuk menyediakan makanan berbuka puasa yang “wah” dan berlebihan, serta godaan diskon yang memanggil merdu dari balik etalase toko. Untuk menghindari kebocoran dana di sana-sini, yuk kita pelajari apa saja yang bisa dihemat saat bulan puasa tiba.
 
Apabila Anda hendak mudik dengan pesawat, pastikan untuk membeli tiket pesawat dari jauh hari, minimal 5 bulan sebelumnya, supaya Anda tidak terbebani dengan mahalnya harga tiket pesawat menjelang Lebaran.
 
  • Belanja kebutuhan sebelum bulan puasa
Persiapkan semua kebutuhan di bulan puasa dan Lebaran paling tidak 1,5 bulan sebelum Ramadhan, di saat harga barang kebutuhan masih normal. Berbelanjalah secara grosir dan pergunakan kartu kredit. Dengan demikian Anda tidak harus membayar tunai secara langsung dan bisa jadi Anda mendapatkan cashback, poin atau diskon khusus dengan menggunakan kartu kredit tersebut. Segera bayar tagihan ini setelah Anda menerima gaji atau THR.
 
  • Belanja di saat kenyang
Secara psikologis, berbelanja di saat lapar akan membuat kita gampang tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak kita butuhkan. Oleh karena itu, batasilah kegiatan belanja hanya setelah sahur. 
 
  • Gunakan selalu uang tunai
Selalu siapkan uang tunai atau kartu debit di dompet Anda. Sebisa mungkin tinggalkan kartu kredit di rumah. Hal ini untuk meminimalisir efek boros dari tidak berkurangnya uang di tabungan dikarenakan Anda terus menggunakan kartu kredit. Ingat, hanya gunakan kartu kredit untuk membeli tiket pesawat dan berbelanja di toko grosir. 
 
  • Cermati menu
Selalu perhatikan kombinasi menu keluarga Anda selama sahur dan berbuka puasa dan pastikan untuk tidak menghidangkan dua menu yang memiliki fungsi sama. Apabila Anda berencana membuat kolak pisang, ingatkan suami untuk tidak membeli es kelapa saat ia pulang dari kantor untuk berbuka di rumah. Hemat kan? (http://www.dompetpintar.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar