Minggu, 15 Juni 2014

Berinvestasi Emas untuk Rencana Pensiun

 

Ketika saatnya tiba bagi Anda untuk pensiun, bagaimana dana pensiun dapat membantu Anda ? Bagi banyak orang, seluruh proses pengolahan dana pensiun dipercayakan kepada perusahaan pensiun untuk mengelola atas nama mereka, dengan laporan tahunan untuk menilai kinerja investasinya. Sebagian besar dana tersebut sangat condong terhadap ekuitas dan dana properti, kalau hanya itu maka tidak memiliki diversifikasi yang memadai. Seperti kata idiom Don’t Put All Your Eggs in One Basket.
Emas adalah salah satu peluang diversifikasi yang layak untuk dipertimbangkan dan meskipun harga turun beberapa waktu terakhir ini, nilainya telah mengungguli suku bunga deposito dan bursa saham selama 10 tahun terakhir. Analisis mengkaji kinerja konstan investasi emas bulanan selama sepuluh tahun, setelah dikurangi biaya dan disesuaikan dengan inflasi.
Emas Vs Asset Lainnya, Image Credit : news.bbcimg.co.uk
Emas Vs Asset Lainnya, Image Credit : news.bbcimg.co.uk
Banyak investor mencari cara yang efektif untuk mengelola risiko ekonomi dan kondisi keuangan makro serta geopolitik dalam portofolio pensiun mereka. Dengan berinvestasi emas Anda telah melakukan diversifikasi dana pensiun dan mendapat keunggulan dari beberapa risiko berikut :
  • Emas telah mengungguli sebagian besar kelas aset selama sepuluh tahun terakhir karena ketidakpastian ekonomi global dan juga aset utama seperti saham, obligasi dan properti.
  • Emas batangan dan pensiun adalah kombinasi yang kuat. Pensiun adalah struktur investasi yang efisien terhadap pajak yang telah diabaikan oleh masyarakat umum sejak lama meskipun sangat mudah untuk dilakukan. Emas adalah bentuk asuransi keuangan yang melindung nilai dan mengurangi risiko jangka panjang dari strategi investasi.
Di masa lalu biasanya seseorang akan tetap di satu pekerjaan di perusahaan yang sama untuk sepanjang karirnya. Lingkungan kerja saat ini sangat berbeda dan tidak jarang bagi para profesional untuk memiliki lebih dari satu skema pensiun yang mencerminkan karir mereka sampai saat ini, setelah bekerja di berbagai posisi yang berbeda dengan perusahaan yang berbeda, orang akan memiliki skema pensiun yang berbeda.
Di Amerika, keputusan untuk membagi tabungan pensiun menjadi emas dan logam mulia lainnya diambil karena peningkatan jumlah warga AS yang memahami bahwa nilai dolar AS secara diam-diam tergerus oleh inflasi. Padahal seiring bertambahnya usia, tingkat inflasi riil jauh lebih tinggi karena pengeluaran utama – seperti asuransi kesehatan, pemanas rumah dan bahan makanan – jauh jauh lebih tinggi dari tingkat resmi inflasi.
Perlu diperhatikan dan hati-hati terhadap investasi dalam bentuk emas kertas (gold paper) karena sangat berbeda dan memiliki risiko yang lebih tinggi daripada investasi di emas fisik. Emas kertas termasuk gold futures, gold futures options, gold ETFs, unallocated gold ownership, pool accounts, contracts for difference (CFDs), spread betting contracts, gold stocks dan gold options.
Skema pensiun mandiri dengan emas dan alokasi logam mulia adalah alat perencanaan pensiun yang sangat kuat dan mempertimbangkan krisis keuangan terus mempengaruhi dunia dengan siklus yang semakin sulit untuk diprediksi. (http://investasiemas-id.com)
Resource : goldcore.com
Image Credit Labeled for Resused : fitsnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar