Minggu, 29 November 2015

Agar Tak Menyesal, Sejak Muda Menyiapkan Hari Tua


ILUSTRASI
ILUSTRASI
Mungkin Anda sering dengar “masa muda adalah masa-masa paling jaya”, Anda bisa bersenang-senang di masa tersebut. Ya, memang benar, Anda dapat menghabiskan masa muda Anda dengan bersenang-senang. Senang-senang tidak salah namun yang akan jadi masalah adalah ketika Anda hanya memanfaatkan masa muda dengan tanpa memikirkan untuk menyiapkan hari tua.
Sebelum Anda membeli mobil, pakaian mahal dan berwisata ke beragam tempat – coba tanyakan pada diri Anda apakah Anda sudah menyiapkan hari tua?
Faktanya belanja pakaian-pakaian mahal dan mewah jauh lebih mudah daripada menyiapkan dana pensiun. Coba periksa lagi sudah berapa tabungan, investasi, sudah siapkan asuransi jiwa jugakah dan yang lainnya. Jika Anda selama ini masih kesulitan untuk menabung untuk dana pensiun, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba:
Tips Menyiapkan Hari Tua
1. Rencanakan
Apapun yang mencakup masa mendatang tentu tak lepas dari yang namanya rencana. Apa yang ingin Anda capai di masa tua? Semisal Anda sudah punya rumah, bisa berkebun dan dapat menghadapi penyakit dengan rasa aman dan nyaman.
Nah, kalau begitu, Anda harus siapkan dana untuk itu semua. Jangan lupakan pula keluarga Anda, semisal pasangan atau anak-anak. Sebagai contoh, Anda sudah bisa menyiapkan dana untuk mereka juga melalui asuransi jiwa terbaik agar kalau-kalau Anda sudah tidak ada, mereka tidak akan merana. (baca juga : 4 Cara Pilih Asuransi Kesehatan Sesuai Bujet)
2. Program pensiun
Mengikuti beragam program pensiun akan ‘memaksa’ Anda untuk menyisihkan uang. Ini benar. Maka dari itu, ikutikah beberapa program pensiun yang ada seperti misalnya dana pensiun ataupun deposito dan lainnya. Namun, jangan lupa untuk pelajari terlebih dahulu program-program tersebut.
Sedikit tips bagi Anda yang ingin mengikuti program-program ini, bulatkan tekad Anda. Sisihkan dana dari penghasilan Anda di awal dan atau Anda bisa menggunakan auto-debet dari rekening. Dengan begitu, tidak ada kata lupa dan juga menunda-nunda.
3. Tingkatkan tabungan
Yap! Jangan puas di angka yang begitu-begitu saja. Jika Anda selama ini sudah rajin menabung maka coba tingkatkan tabungan Anda apabila mengalami penaikan gaji. Anda tidak mau jadi orang yang stagnan di posisi tertentu, kan? Begitu juga dengan tabungan. Jika memang Anda mendapatkan kenaikan gaji maka naikkan pula nominal tabungan Anda, bukannya gaya hidup.
4. Investasi
Investasi sedikit berbeda dengan tabungan walaupun sebenarnya konsepnya hampir sama. Jika tabungan memiliki nilai yang cenderung menurunkan oleh karena inflasi maka investasi justru sebaliknya. Anda sudah pasti sering dengar mengenai beragam investasi yang diklaim memberi keuntungan yang sejurus dengan kenaikan inflasi.
Namun, perlu diperhatikan, investasi yang kami sebutkan di sini bukanlah investasi bodong yang digadang-gadang memberikan keuntungan luar biasa. Jangan berpikir terlalu jauh. Pada dasarnya, investasi itu mudah. Investasi bukan sekadar pasar saham dan bermain forex. Ada yang jauh lebih sederhana daripada itu tetapi lebih aman dan mudah. Ya, mengapa tidak menginvestasikan uang yang Anda miliki untuk membeli properti, tanah ataupun emas. Mudah, bukan?
Ya, masa tua tampaknya masih jauh – apalagi jika Anda sekarang berada dalam fase kepala dua ataupun kepala tiga. Namun, percayalah, waktu sering kali berjalan tanpa terasa oleh kita. Tahu-tahu kita sudah melewati satu tahun saja, dua tahun, tiga tahun dan sepuluh tahun. Pernah, kan, berucap “eh, sudah di penghujung tahun saja, padahal tahun baru serasa baru kemarin”? Jika pernah maka saatnya untuk menyiapkan asuransi jiwa terbaik untuk hari tua anda mulai dari sekarang!
(http://jabar.pojoksatu.id/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar