Senin, 13 Juni 2016

BAHAGIA, Kiat dari Dokter Agar Bisa Menjadi Lansia Produktif


BAHAGIA, Kiat dari Dokter Agar Bisa Menjadi Lansia ProduktifFoto: thinkstock
Menjadi lansia produktif merupakan investasi bagi masa depan Anda dan keluarga. Untuk bisa mendapatkannya, dokter mengatakan Anda hanya harus bahagia. Terkesan gampang, tapi ternyata bahagia juga ada rumusnya.

Prof Dr dr Siti Setiadi, SpPD-KGer, M.Epid, FINASIM, Ketua Persatuan Gerontologi Medik (PERGEMI), mengatakan BAHAGIA merupakan singkatan dari 7 kiat menjadi produktif. Ketujuh kiat tersebut merupakan langkah pencegahan terserang penyakit tidak menular yang bisa merenggut produktivitas di hari tua.

"Intinya adalah menghindari disabilitas di hari tua. Kalau sudah tua tentunya kita tetap ingin bisa beraktivitas dan produktif kan? Makanya harus disiapkan dari sekarang," ungkap Prof Siti dalam temu media di Kementerian Kesehatan, baru-baru ini.

Baca jugaLima Penyakit Infeksi yang Sering Menyerang Kakek-Nenek

Lalu apa saja yang dimaksud dengan BAHAGIA? Berikut penjabarannya oleh Prof Siti:

B: Berat badan dijaga. Jika berlebih sebaiknya dikurangi dan jika terlalu kurus sebaiknya ditambah. Menjaga berat badan merupakan salah satu langkah pencegahan terserang penyakit metabolik seperti diabetes melitus.

A: Atur makanan. Pola gizi seimbang yang kaya serat merupakan anjuran utama untuk menghindari penyakit seperti hipertensi dan diabetes.

H: Hindari faktor risiko penyakit kronis. Penyakit kronis seperti diabetes, jantung, hingga kanker bisa dicegah dengan melakukan gaya hidup sehat dan menjauhi rokok serta alkohol.

A: Agar tetap bahagia, kembangkan hobi yang bermanfaat. Memiliki hobi selain mengasah kemampuan fisik dan mental juga membuat Anda memiliki lingkaran sosial yang beragam.

G: Gerak badan teratur. Anjuran untuk melakukan aktivitas fisik optimal adalah 30 menit perhari, 5 kali seminggu.

I: Iman dan taqwa. Meningkatkan iman dan bertaqwa kepada Tuhan dapat membuat Anda terhindar dari stres dan melatih perilaku positif. Risiko gangguan mental seperti depresi juga akan berkurang.

A: Awasi kesehatan dengan melakukan pemeriksaan berkala. Pemeriksaan kesehatan berkala dapat mencegah Anda terserang penyakit berat dan mengobatinya sejak dini.

Baca jugaVaksinasi, Salah Satu Cara Agar Tetap Sehat di Masa Senja(dtc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar