Rabu, 11 Februari 2015

MENJALANI MASA TUA DENGAN TETAP SEHAT & SEMANGAT


MENJALANI MASA TUA DENGAN TETAP SEHAT & SEMANGAT














Menjadi tua adalah suatu keadaan yang nyata, tidak dapat dihindari dan. Pada suatu saat semua orang pasti akan mengalami. Hanya saja bagaimana menghadapi dan menjalani masa tua agar tetap sehat, semangat dan bersyukur adalah hal yang lain lagi.  Tidak semua orang siap menjadi tua, dan kerap kali kurang dapat menyesuaikan diri dengan situasi, sehingga sebagian besar dari mereka menjadi frustrasi, merasa disingkirkan, kurang dihargai kemudian menarik diri dan semakin merasa tidak diperhatikan.
Untuk menghadapi masa tua diperlukan kesadaran pribadi dan dengan lapang hati menerima kenyataan. Tidak dapat dicegah waktu terus bergerak terus, memakan dan menelan saja yang dilaluinya. Itulah mengapa waktu juga disebut kala. Dalam mitologi Hindu Kala adalah seorang Batara yang memakan apa saja, bahkan matahari dan bulan juga akan ditelannya, dan menimbulkan gerhana.
Menjadi tua, Lanjut Usia Lansia adalah bagian dari perjalanan hidup. Boediman Hardjomarsono dalam bukunya "Stopping the Clock" menyebut manusia lanjut usai sebagai "Warga Senior" atau Warior. Dalam bahasa Inggris adalah Warrior pahlawan yang patut dihormati.
Selanjutnya seperti ditulis dalam bukunya Bapak Boediman Hardjomarsono memberi 10 tip agar tetap sehat. Sepuluh anjuran ini seyogyanya dapat dilakukan dengan konsisten agar diperoleh manfaat yang optimal. Dengan hidup teratur maka Warior akan terhindar dari hal-hal yang dapat menimbulkan stress. Menurut beliau, umur boleh terus bertambah, tetapi penuaan sel harus diusahakan untuk diperlambat atau dihentikan.
Sementara itu Prof. DR. R. Boedi Darmojo pada waktu masih aktif di RS. Karyadi Semarang memperkenalkan konsep BAHAGIA, sebagai tuntunan bagi para lanjut usia. Jika para Warior ini menjalankan konsep ini maka Insya Allah akan tetap sehat dan berbahagia.

B   erat badan yang berlebih agar dihindari dan dikurangi.
A   turkah makanan sehingga seimbang. Kurangi lemak dan kalori berlebihan.  
H   indari faktor resiko penyakit degeneratif.
A   gar terus mempunyai kegiatan / hobby yang bermanfaat.
G   erak badan teratur wajib dilakukan.
I     man dan taqwa ditingkatkan, dan hindarilah situasi yang menegangkan
A   wasi kegiatan dengan pemeriksaan kesehatan secara periodik

Demikianlah uraian untuk menjadi tua tetapi tetap sehat. Mudah-mudahan kita semua dapat mengikuti petunjuk tersebut dan menjalankannya dalam kegiatan kita sehari-hari.
Apabila ada yang berminat mengetahui lebih mendalam, dipersilahkan untuk membeli bukunya Boediman Hardjomarsono dengan judul "STOPPING THE CLOCK" jurus tetap bugar dan bahagia di masa lansia, Penerbit Buku Kompas, September 2011 harganya Rp. 48.000.-
Selamat beraktivitas dan tetap sehat. (Oleh : Heru Legowo/ http://www.dapenra.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar