Minggu, 28 September 2014

USAHA KECIL DI HARI TUA? KENAPA TIDAK?


Bagi Anda yang mungkin sudah terbiasa bergerak ataupun memiliki banyak aktivitas saat masih muda, duduk berdiam diri menikmati pemandangan, atau sambil merajut dikursi kesayangan, merupakan saat-saat dimana keseharian yang akan Anda lakukan di saat menikmati hari tua.
Bagi sejumlah orang hal ini kerap mengasyikan. Namun berbeda halnya bagi yang terbiasa bergerak dan melakukan aktivitas. Kegiatan ini bisa jadi dirasakan kurang dan bahkan tidak menyenangkan. Jika Anda tipe orang seperti itu, punya kegiatan dihari tua, seperti usaha kecil yang tidak begitu menguras tenaga tapi memberikan aktivitas, merupakan pilihan tepat. Karena selain memberikan hasil, usaha kecil dihari tua dapat menjadi warisan untuk keluarga Anda di kemudian waktu.
Sebelum Anda melangkah untuk mempersiapkan usaha kecil dihari tua, ada beberapa persiapan yang perlu direncanakan dengan matang. Tidak hanya masalah pendanaan, namun segmentasi kebutuhan, resiko dan legalitas juga perlu dipastikan terlebih dahulu agar segala sesuatunya berjalan dengan baik dan meminimalisir kemungkinan risiko yang terjadi.
Berikut tips sederhana memulai usaha kecil di hari tua :
Persiapkan pendanaan Anda di awal
Mengapa persiapan keuangan dan anggaran harus dilakukan di awal? Musibah atauketidakpastian ada kemungkinan datang saat menjelang memasuki hari tua, entah itu sakit atau hal lainnya. Ini bisa menyebabkan rencana membangun usaha kecil Anda dihari tua berantakan. Bisa jadi nanti akan dihadapkan pada situasi dimana Anda harus rela menyisihkan sebagian pendanaan untuk menutup masalah yang dihadapi, sementara sisanya tetap dapat Anda putar untuk menjalankan rencana usaha kecil yang diimpikan. Mungkin juga pada akhirnya Anda harus merubah total konsep dan rencana usaha kecil yang sudah direncanakan sebelumnya. 
Cari peluang usaha yang tidak menguras tenaga, waktu, dan kesehatan Anda di hari tua

Cobalah mencari dan menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai peluang usaha yang tepat dengan kondisi Anda di hari tua, terutama yang tidak banyak membutuhkan waktu, tenaga dan baik untuk kesehatan Anda. Contohnya, usaha warung kelontong, usaha tanaman hias, ikan, peralatan olah raga dan small home industry.

Minimalisasi perijinan dan usaha yang berisiko tinggi
Banyak waktu, tidak perlu ijin sana-sini, mudah, dan minim resiko merupakan konsep usaha kecil di masa tua yang baik. Pastikan Anda hindari jenis usaha yang membutuhkan perijinan lama, mahal serta risiko tinggi dalam menjalankan usaha.

Manfaatkan bantuan perencanaan
Masih takut terhadap kemungkinan risiko yang akan Anda hadapi saat akan menjalankan usaha nantinya? Cobalah mencari informasi mengenai lembaga keuangan yang memiliki produk atau program perencanaan keuangan seperti asuransi dan tabungan berencana

Siapkan perencanaan yang mantap
Siapkan 3 rencana Anda seperti: rencana awal, lanjutan, dan cadangan. Perlu Anda ingat kembali bahwa rintangan akan datang pada saat yang tidak diinginkan. Pastikan semua hal tersebut sudahAnda rencanakan dengan mantap.

Semoga bermanfaat.
 (http://www.livingwell.co.id/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar