Selasa, 27 Oktober 2015

Bawang Putih Tunggal Obati Gagal Ginjal


Hasil gambar untuk bawang putih tunggal
Pola makan masa kini yang cenderung dekat dengan junk food dan soft drink telah memicu sejumlah penyakit, di antaranya gangguan ginjal. Sebab itu, jangan sembarang makan agar ginjal tetap sehat.
=================
Gangguan ginjal yang sudah mengarah pada gagal ginjal kebanyakan ditangani dengan cuci darah dan cangkok ginjal. Banyak orang putus asa tatkala dokter mendiagnosa dirinya mengalami gagal ginjal dan harus menjalani cuci darah dua kali dalam sepekan. Sebuah nestapa yang tidak ringan. Adakah jalan keluar selain cuci darah yang lumayan mahal dan cangkok ginjal yang lebih mahal lagi?
Sebuah kisah tentang pengalaman kesembuhan dari gagal ginjal belakangan ini beredar luas di media sosial WhatsApp. Kisah dikirim oleh Nurhendro Putranto yang menceritakan kenalan baiknya berjodoh dengan ramuan bawang putih tunggal, bawang bombay dan jeruk nipis.
Suatu waktu Nurhendro Putranto yang bekerja di Inspeksi Umum sebuah instansi ini bertugas ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Dia berjumpa dengan Kepala Kejaksaan Tinggi NTT (saat itu) John Walingson Purba yang tampak segar, bugar, bersih putih kulitnya dan sehat. Dia lalu bertegur sapa dengan John Walingson. Sapanya, "Bapak terlihat sehat sekali."
Menanggapi sapaan itu, John Walingson lantas bercerita, "Ya, dulu memang saya sakit gagal ginjal dan saya harus cuci darah. Bahkan asam urat saya mencapai 14. Dokter pun sudah angkat tangan dengan penyakit saya ini. Namun sekarang saya sembuh total hanya dengan mengkonsumsi ramuan yang diberikan oleh Sinshe saya. Ramuan herbal bawang putih tunggal, bawang bombay dan jeruk nipis. Ketiga bahan tersebut diblender semua menjadi satu. Untuk jeruk nipisnya diblender semua beserta kulit dan biji-bijinya sekalian. Nah, saya mengkonsumsi 3x1 sendok makan sehari. Bersyukur, kini saya sembuh.”
Kepala Kejaksaan Tinggi NTT Walingson kembali sehat dan menjalankan tugas sehari-hari di Kota Kupang. Walingson pun merekomendasikan ramuan ini ke tim inspeksi umum yang datang ke Kupang. Tiba di Jakarta, tim ini bertemu dengan seorang pejabat di Kejaksaan Agung Tjahyo Aditomo. Tjahyo langsung ikut mempraktikkan membuat ramuan dan meminumnya. Walhasil, semua keluhannya hilang. Rasa kantuk yg selalu melanda saat jam jam kerja jadi hilang sama sekali. Begitu pula linu-linu di tangan.
Testimoni lain datang dari seorang warga Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, yang sudah menjalan cuci darah 2 kali sepekan. Bahkan, penderita gagal ini sudah bersiap hendak melakukan cangkok ginjal di Tiongkok. Salah seorang kerabatnya lalu menyarankan untuk minum ramuan bawang putih tunggal, bawang bombay dan jeruk nipis. Hasilnya, kini kesehatan pensiunan perwira menengah TNI AU itu berangsur pulih.
Begitu hebatkah khasiat bawang putih tunggal? Sebelum menjawab pertanyaan ini ada baiknya kita lihat sekilas perjalanan penyakit yang berujung pada gagal ginjal.
Ginjal adalah organ dalam tubuh yang terletak di bawah tulang rusuk. Bentuknya menyerupai sepasang kacang di kedua sisi tubuh. Selain memiliki fungsi utama menyaring limbah dari darah sebelum diubah menjadi urin, ginjal juga berfungsi mengatur kadar bahan kimia dalam tubuh sehingga membantu jantung dan otot agar bekerja dengan baik, membantu mengatur tekanan darah, memproduksi zat sejenis vitamin D yang menjaga kesehatan tulang, dan memproduksi hormon glikoprotein (disebut erythropoietin) yang membantu merangsang produksi sel-sel darah merah. Beberapa kondisi seperti diabetes dan tekanan darah tinggi menjadi penyebab terjadinya tekanan pada ginjal. Dalam jangka panjang, kondisi-kondisi ini membuat fungsi-fungsi di atas tidak berjalan secara baik.
Penyakit ginjal kronis (chronic kidney disease/CKD) muncul saat fungsi ginjal mulai menurun secara bertahap. Kondisi ini bersifat permanen. Status CKD berubah menjadi gagal ginjal ketika fungsi ginjal telah menurun hingga mencapai tahap atau stadium akhir. Penyakit ginjal kronis umumnya baru dapat dideteksi melalui tes urin dan darah. Gejalanya yang bersifat umum membuat pengidap penyakit ini biasanya tidak menyadari gejalanya hingga mencapai stadium lanjut. Pada stadium lanjut umumnya penderita mengalami gejala sesak napas, mual, kelelahan, mengalami pembengkakan pergelangan kaki atau tangan karena terjadi penumpukan cairan pada sirkulasi tubuh. Kelompok berisiko tinggi, antara lain jika memiliki tekanan darah tinggi, mengidap diabetes, dan memiliki riwayat keluarga pengidap penyakit ginjal kronis.
Penyakit ginjal kronis diderita sekitar 10% populasi dunia. Tingginya jumlah penderita diabetes di Asia membuat gagal ginjal lebih umum terjadi pada penduduk Asia. Selain diabetes, tekanan darah tinggi juga menjadi salah satu penyebab terkuat terjadinya penyakit ginjal kronis di Asia. Indonesia termasuk ke dalam 10 besar negara di Asia dengan kasus penyakit gagal ginjal tertinggi.
Belum lama ini PERNEFRI (Perhimpunan Nefrologi Indonesia) dan Kementerian Kesehatan menemukan bahwa penderita gagal ginjal kronis di Indonesia mencapai 25 sampai 30 juta orang. Belum ada obat yang dapat menyembuhkan gagal ginjal.
Perawatan terhadap penyakit ini hanya berfokus memperlambat atau menghentikan perkembangan penyakit dan mencegah munculnya kondisi serius lain. Perubahan yang terjadi dalam sirkulasi tubuh membuat pengidap penyakit ginjal kronis menjadi lebih berisiko menderita stroke atau serangan jantung. Pada sebagian orang, penyakit ginjal kronis dapat menyebabkan ginjal berhenti berfungsi sepenuhnya. Kondisi ini disebut gagal ginjal stadium akhir (established renal failure/ERF). Perawatan cuci darah dapat membantu pengidap ERF agar tetap hidup. Proses kerja perawatan ini menyerupai ginjal buatan.
Pengidap kondisi-kondisi tertentu yang berisiko mengarah ke penyakit ginjal kronis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi disarankan untuk mewaspadai perkembangan penyakit mereka. Perubahan gaya hidup seperti pola makan sehat, berolahraga teratur, dan menghindari kelebihan konsumsi minuman keras akan membantu mencegah terjadinya gagal ginjal. Sekitar 25 persen kasus gagal ginjal diindikasikan terpicu oleh tekanan darah tinggi, sementara 30 persen terpicu oleh diabetes.
Banyak cara merawat ginjal agar tetap sehat. Mulai dari minum ramuan daun seledri, minuman serbuk biji apel yang dikeringkan, konsumsi tablet baking soda dan ramuan bawang putih tunggal yang telah dipraktikkan Kepala Kejaksaan Tinggi NTT tadi.
Terlepas dari khasiat bawang bombay dan jeruk nipis yang cukup baik bagi kesehatan, dalam tulisan ini kita coba lihat dari sisi khasiat dan manfaat bawang putih tunggal. Bawang putih tunggal dapat bermanfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan.
Banyak penyakit yang bisa dicegah dengan menggunakan atau mengkonsumsi bawang putih tunggal. Di antaranya dapat mencegah penyakit kanker karena bawang putih tunggal memiliki kandungan sulfide. Senyawa ini bisa membantu organ hati untuk melawan senyawa beracun yang memicu kanker.
Kemudian bawang putih tunggal juga bisa digunakan untuk mengurangi kadar kolesterol yang ada pada tubuh jika anda dapat mengkonsumsinya secara teratur. Dengan menurunkan kadar kolesterol, sangat membantu kita terhindar dari tekanan darah tinggi yang dapat berisiko pada gagal ginjal dan penyakit jantung. (dari berbagai sumber)

Boks:
Jus Bawang Putih Tunggal
Bahan:
11 siung bawang putih tunggal
2  siung bawang bombay
3 buah jeruk nipis (bukan jeruk lemon)
Ketiga bahan tersebut diblender semua menjadi satu. Untuk jeruk nipis diblender semua beserta kulit dan biji-bijinya sekalian. Kalau sulit diblender, campurkan segelas air.
Selanjutnya ramuan yang telah diblender tersebut dimasukkan ke dalam botol kaca dan simpan di kulkas. Bila kita tak memiliki masalah dengan lambung, untuk pencegahan cukup konsumsi sehari satu sendok makan sebelum makan. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar