Minggu, 08 Maret 2015

Perbaiki Kualitas Tidur Lansia dengan Meditasi


Penelitian di Amerika menyelidiki siklus tidur yang dimiliki orang tua

Perbaiki Kualitas Tidur Lansia dengan Meditasi
Penelitian di Amerika menyelidiki siklus tidur yang dimiliki orang tua (istock)

 Anda memiliki masalah tidur yang sampai saa tini belum juga terselesaikan? Jika ya, tentunya hal tersebut sangat menganggu. Pasalnya, tidur adalah kunci penting dari kualitas dan produktivitas hari Anda dalam sehari.

Jika kurang tidur, maka kualitas dan produktivitas tentunya akan berkurang. Oleh karena itu, beberapa cara bisa Anda lakukan untuk mengembalikan kualitas tidur, salah satunya dengan melakukan meditasi.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menelisik siklus tidur yang dimiliki para lansia di sana. Untuk itu, para peneliti mengadakan survei pada 50 lansia yang menghasilkan kesimpulan, bahwa separuh dari mereka mengalami gangguan tidur setiap malam.

Penelitian yang dilakukan selama satu tahun ini kemudian mengarah pada beberapa indikasi yang membuat tidur para peserta survei bermasalah.

New York Times menulis, indikator-indikator dari masalah tidur para lansia ini ialah gaya hidup, aktivitas berlebih di siang hari, serta konsumsi kafein dan alkohol sebelum tidur.

Penelitian ini kemudian mencoba untuk mengubah kebiasan para lansia dengan memberikan pelatihan agar gaya hidup dan konsumsi makanan dan minuman lebih baik, untuk tidur yang lebih baik. Selain itu, satu praktik yang dilakukan untuk menyelamatkan kualitas tidur di akhir usia, ialah dengan bermeditasi.

Menurut David S Black, yang mengepalai penelitian ini, meditasi dapat melancarkan sistem otak dan membuat aliran darah ke otak lebih lancar. Sehingga, meditasi ini dianggap mampu untuk meningkatkan kualitas tidur lansia, yang sudah semakin menurun produktivitas tubuhnya.

David juga menyatakan, dengan meditasi, otot pada tubuh jadi lebih meregang dan dapat menyelamatkan para lansia dari keluhan ngilu, encok, serta nyeri pada sendi dan tulang, yang biasanya dirasakan.

Selain itu, meditasi adalah olahraga yang tepat, mengingat meditasi lebih aman dan nyaman bagi para kakek nenek yang sudah tidak mampu bergerak banyak.

“Lakukanlah meditasi rutin, kalau bisa satu hari sekali, setiap pagi," ujar David. Dengan begitu, kualitas tidur lansia akan terjaga, badan mereka lebih fit, serta kualitas hidupnya lebih terlindungi. (http://life.viva.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar