Minggu, 15 Februari 2015

10 Cara untuk Mempertebal Tabungan Anda




 Melakukan penghematan memang bukanlah hal yang mudah. Namun, jika Anda berusaha melakukannya sejak dini, maka keinginan Anda akan lebih mudah tercapai.
Menurut Dana Anspach, Money Over 55 Expert dalam artikel 10 Ways to Save More Money Ways to Save That May Surprise You, jika berhemat secara konsisten dalam kurun waktu tertentu akan memberikan uang tambahan yang mengejutkan.
Dana memberikan cara berhemat dan Anda dapat melihat apa yang terjadi selama satu tahun ke depan. Berikut uraiannya seperti dikutip, Senin (16/2/2015).
1. Update laporan kekayaan bersih.
Laporan kekayaan bersih, yaitu daftar semua hal yang Anda miliki yang memiliki nilai seperti tabungan dan investasi, real estat, kendaraan atau koleksi lainnya. Laporan kekayaan bersih Anda juga mencakup daftar semua utang Anda. Sehingga Anda dapat melihat perbedaan antara apa yang Anda miliki dan jumlah utang Anda. Tindakan sederhana ini sebaiknya sering diperbaharui agar dapat menginspirasi Anda untuk menyimpan lebih banyak uang dan membayar utang.
2. Meminta kenaikan gaji.
Meminta kenaikan gaji dapat menjadi salah satu cara tercepat Anda untuk dapat menyimpan lebih banyak uang. Namun, pastikan bahwa Anda mengalokasikan sebagian gaji Anda yang meningkat menjadi tabungan. Anda juga dapat mengalokasikan untuk tabungan masa pensiun Anda sehingga memiliki simpanan untuk masa tua nanti.
3. Bayar pajak tiap tahun
Perencanaan pajak paling baik dilakukan pada September atau Oktober untuk memberi Anda waktu menyesuaikan angka jika diperlukan. Untuk itu, Anda harus melihat jumlah harta Anda sebelum akhir tahun. Itu memberi Anda waktu mempertimbangkan kontribusi lebih untuk tabungan masa depan maupun membuat kontribusi tambahan amal.
4. Buatlah jadwal tabungan pensiun.
Anda perlu melihat penghasilan Anda yang akan datang dari tahun ke tahun. Terlebih untuk mempersiapkan masa pensiun Anda. Berapa kebutuhan yang kira-kira Anda perlukan dan berapa pendapatan Anda saat ini yang dapat disihkan untuk tabungan pensiun Anda. Anda dapat melakukan ini pada selembar kertas ataupun buku, dengan spreadsheet excel, atau dengan bantuan seorang penasihat keuangan.
5. Mengurangi biaya investasi.
Banyak investor membayar terlalu banyak biaya investasi. Jika Anda bisa memotong biaya yang Anda bayarkan paling tidak setengah persennya dalam waktu 10 tahun, Anda dapat melakukan simpanan yang lebih banyak pada tabungan Anda. Luangkan waktu untuk mempelajari apa saja yang Anda bayar. Kemudian temukan cara bagaimana Anda bisa mendapatkan kualitas yang sama pada harga yang lebih rendah.
6. Periksa pengeluaran Anda.
Jika Anda merasa terlalu banyak pengeluaran yang dapat Anda habiskan dalam waktu satu bulan, Anda perlu memikirkan cara untuk melakukan penghematan. Cara pertama adalah lakukan peninjauan ulang terhadap uang yang Anda habiskan. Jika Anda sudah menikah, koordinasikan hal tersebut dengan pasangan Anda.
7. Cari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
Cara terbaik untuk menyimpan lebih banyak uang yaitu tidak berlebihan. Namun, cara terbaik kedua adalah menemukan cara untuk mengubah hobi atau keterampilan Anda menjadi penghasilan tambahan. Hal tersebut merupakan sesuatu yang bisa menyenangkan, bermanfaat dan memberikan keamanan tambahan.
8. Pelajari manfaat jaminan sosial.
Banyak pasangan akan mendapatkan uang lebih dalam pendapatan jaminan sosial atas kehidupan bersama mereka. Ini adalah jumlah yang besar. Namun, kebanyakan mereka tidak mengerti memanfaatkan jaminan sosial tersebut. Anda dapat membuat keputusan yang akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak manfaat jaminan sosial.
9. Tetapkan tujuan untuk mengumpulkan tabungan.
Tidak ada yang akan membuat Anda merasa lebih aman daripada memiliki uang tunai di bank. Menyimpan uang dalam rencana pensiun yang besar akan menjadi sesuatu yang sangat baik. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah untuk menetapkan tujuan dan sabar mulai menyisihkan uang dalam rekening terpisah sampai Anda memenuhi tujuan.
10. Alokasikan satu jam dengan kalkulator pensiun online.
Jika Anda tidak pernah berencana untuk pensiun dengan cepat, bermain-main dengan kalkulator pendapatan pensiun online akan membantu Anda memahami apa yang perlu dilakukan untuk mengumpulkan uang. Hal ini membantu untuk mengetahui bagaimana tabungan Anda dapat berubah menjadi pendapatan masa depan.
(http://economy.okezone.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar