Jumat, 24 Juli 2015

Lima Tips Jaga Kesehatan Jantung bagi Lansia

Lima Tips Jaga Kesehatan Jantung bagi Lansia
Ilustrasi lansia terkena serangan jantung (Foto: Gg2)
SAAT Anda bertambah tua, berbagai masalah kesehatan menyertai, termasuk penyakit jantung. Menjaga jantung tetap sehat sangat penting, selain karena biaya operasi jantung yang mahal, risiko kematian juga tidak dapat terbayarkan.
Berikut adalah kiat sehat bagi lansia untuk memastikan jantung tetap sehat di balik dada yang keriput. Berikut adalah tipsnya, seperti dilansir dari Boldsky, Jumat (29/5/2015).
Katakan tidak pada merokok
Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok, termasuk untuk para lansia. Penyakit jantung yang mengancam jiwa kebanyakan disebabkan kebiasaan merokok dan menghirup asap rokok.
Perbanyak kebiasaan berjalan kaki
Salah satu tips untuk jantung sehat adalah dengan membiasakan diri hidup aktif. Berjalan kaki sebentar di sekitar taman perumahan misalnya, adalah olahraga pernapasan sederhana untuk membantu menjaga jantung sehat.
Yoga
Yoga adalah cara lain untuk menjaga jantung saat Anda mencapai usia tua. Yoga membantu menenangkan pikiran dan melawan stres yang dapat memberi tekanan pada jantung Anda juga.
Makan sehat
Perbanyak makan makanan sumber protein bebas lemak dan tinggi nutrisi adalah salah satu cara untuk melawan penyakit yang berhubungan dengan jantung. Pastikan Anda makan makanan sehat untuk jantung, seperti tanaman hijau.
Menjaga berat badan
Kelebihan berat badan atau obesitas adalah salah satu ancaman bagi sistem sirkulasi dan metabolisme tubuh. Dengan bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk menopang kelebihan berat badan juga pasti berkurang.
Oleh karena itu, rutinlah berolahraga atau tetap menjadi aktif untuk menjaga berat badan tetap sehat.
sumber: http://lifestyle.okezone.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar